Penjabat Bupati Pringsewu Resmikan Wisata Lanakila Lake

Laporan : Doris Irawan

PJ Bupati Pringsewu Adi Erlansyah Meresmikan Taman Wisata Lanakila Lake Di Pekon Pamenang Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pringsewu

PRINGSEWU РSektor pariwisata dan ekonomi kreatif saat ini menjadi salah satu primadona yang menjadi sektor unggulan dalam rangka meningkatkan pendapatan atau devisa, bukan hanya di Indonesia, bahkan di banyak negara-negara di dunia.

Demikian dikatakan Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah saat meresmikan Taman Wisata Lanakila Lake di Pekon Pamenang, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Kamis (16/03/23).

Menurut Adi, hal tersebut juga terjadi di Provinsi Lampung, termasuk di Kabupaten Pringsewu yang juga sangat bergairah dalam mengembangkan sektor pariwisata, meskipun Pringsewu tidak memiliki laut, namun bukan berarti tidak ada yang dapat dijadikan destinasi wisata. “Masih banyak potensi wisata yang dapat dikembangkan di Pringsewu, seperti Bendungan Way Sekampung, agrowisata dan beragam sentra industri serta ekonomi kreatif yang tengah dibangun dan dibina oleh Pemerintah Kabupaten Pringsewu,” ujarnya.

Terkait Wisata Lanakila Lake Pringsewu, Penjabat Bupati Pringsewu pada acara peresmian dan grand opening yang ditandai dengan prosesi pelepasan balon dan pemotongan tumpeng, pelepasan benih ikan serta penanaman pohon penghijauan di sekitar lokasi, yang dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs.Masykur, M.M. beserta para Kepala Perangkat Daerah terkait, Forkopimda, kalangan perbankan, Forum Komunikasi Pokdarwis, Camat dan Kapekon beserta tokoh masyarakat setempat, berharap kedepan Lanakila Lake akan semakin berkembang dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit keluarga, yang dapat melengkapi sekaligus mendorong geliat perekonomian di Kabupaten Pringsewu.

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah juga menyampaikan pesan agar bersama-sama mendukung dan mempromosikan pariwisata Kabupaten Pringsewu dengan memanfaatkan kemajuan teknologi saat. “Mari kita munculkan ide-ide serta inovasi terbaru, bagaimana menarik pengunjung agar dapat menikmati objek wisata dengan aman dan nyaman serta memiliki kesan yang positif agar mereka rindu dan ingin berkunjung lagi, dan ini juga bisa menjadi salah satu sarana promosi wisata kita,” ajaknya.

Pihaknya berharap dengan potensi wisata yang ada, para investor lain juga dapat menanamkan modalnya di Kabupaten Pringsewu. “Kepada stakeholders terkait, kita ciptakan iklim investasi yang kondusif dengan mempermudah segala bentuk perizinan yang diperlukan, tentunya dengan tetap mengacu pada peraturan yang berlaku,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur CV. Lanakila Pamenang Berkarya, Bagus Prasojo selaku pihak pengelola wisata Lanakila Lake mengatakan Lanakila Lake berdiri dan mulai beroperasi sejak 1 Januari 2023. “Proses pembangunannya sendiri sudah dimulai sejak Mei 2022, dan hingga sekarang sudah mencapai 75%. Karena spot-spotnya dinilai sudah cukup banyak, sehingga dilakukan grand opening,” ujarnya.

Sebagai kelengkapan destinasi wisata Lanakila Lake, pihaknya juga melengkapi dengan sejumlah fasilitas diantaranya Gazebo dan Food Court dengan turut memberdayakan masyarakat sekitar guna mengisi tenant yang telah disediakan.

Lebih lanjut Bagus Prasojo juga menyatakan Wisata Lanakila Lake akan memenuhi kewajiban terhadap pemerintah, jika ada regulasi-regulasi yang harus dipenuhi seperti kewajiban membayar pajak atau retribusi. “Kami mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Pringsewu atas dukungan yang diberikan, dengan memberikan kemudahan dalam hal perizinan,” ucapnya. (*/ Isnanto Hapsara, S.Kom.)

berita Populer

Baca juga berita ini :